Powered by Blogger.
Thursday, March 22, 2012

Tentang situs Wikipedia

Disaat mahasiswa membutuhkan referensi untuk tugas kuliah, disaat pelajar membutuhkan sumber-sumber pengetahuan, tak asing lagi kalau kita mendengar yang namanya situs wikipedia. Ya, situs wikipedia bisa kita search di google bar. Wikipedia adalah salah satu situs yang kita percayai isinya yang konkrit. Dimana semua pengetahuan dari internet, bersumber pada wikipedia. Sebenarnya kalian tidak teliti, kenapa?

Wikipedia adalah sebuah situs yang menjadi ensiklopedia dari website yang menyediakan kepada pembaca untuk menambahkan informasi lain yang dia dapat. Pembaca yang mengedit artikel itu bebas mau menulis apa saja pada artikel yang akan dia edit, seperti contohnya mengedit artikel biography Aristoteles. Jika ada salah seorang mempunyai pemikiran buruk, dia bisa membuat artikel mengenai biography Aristoteles menjadi tidak nyambung. Sebenarnya itu bukan salah wikipedia yang menyediakan situs ini, namun kita akan ragu jika ada orang yang tanpa pengetahuan mengedit dengan mengarang/ngasal.

Perhatikan gambar diatas !!

Memang, dulu saya meyakini wikipedia sebagai situs yang saya percayai ketika di bangku SMA. Namun, setelah meneliti lebih dalam tentang apa itu About Wikipedia. Saya sadar, bahwa saya ada di dalam pengetahuan lingkaran api. Dimana, satu paragraf dibuat kongkrit, sedangkan yang lain kita tidak tahu. Seperti contohnya saya pernah mengedit salah satu artikel dari biografi Dave Pike. Disitu saya mengetik tentang bagaimana beliau mengenal lagu pop setelah dia menciptakan album jazz perdananya. Kalian bisa melihat di bagian biografi paragraf ketiga, itu yang mengedit saya.

Masalahnya bisa menjadi sumber pengetahuan yang hitam, tidak kongkrit, dan sesat. Cobalah mencari pengetahuan dari sumber yang kongkrit, pengetahuan itu bisa di dapat di buku-buku yang sudah mendapatkan ijin edar, ahli-ahli yang dipercaya, dan narasumber langsung.

Semoga informasi ini bermanfaat :)

0 comments: